Back To Top

10 Langkah Brand Development Strategy

Brand anda mungkin adalah aset paling berharga bagi perusahaan anda. Maka, membangun dan memperkuat brand anda menjadi lebih besar adalah sebuah pekerjaan yang sangat penting bagi anda dan perusahaan anda.

 

Mendefinisikan Brand Anda

Sebuah artikel pernah menuliskan, bahwa kekuatan brand anda dapat diukur melalui reputasi perusahaan anda dan visibilitasnya di pasar. Dengan kata lain, jika dirumuskan:

Brand strength = Your reputation x Your visibility

Ada dimensi lain yang juga penting sebagai tolak ukur brand anda, yaitu:  seberapa relevan brand anda terhadap target audiens.

 

Brand Development

Brand development adalah proses membentuk, menciptakan dan memperkuat brand anda. Saat kami membantu perusahaan mengembangkan brand mereka, kami membagi proses menjadi tiga tahap.

  • Tahap pertama adalah membuat strategi brand anda benar dan selaras dengan tujuan bisnis anda.
  • Kedua adalah mengembangkan semua yang diperlukan untuk mengkomunikasikan brand, seperti logo, tagline, website, dll.
  • Dan terakhir, adalah tahapan untuk memperkuat brand yang baru dikembangkan atau diperbarui.

Brand development strategy adalah penjabaran dari proses di atas, untuk menyelesaikan dan mencapai semua tujuan tersebut. Untuk mempermudah pembahasannya, mari kita bagi dalam 10 langkah di bawah ini.

 

1. Pahami keseluruhan strategi bisnis anda.

Brand yang kuat dan terdiferensiasi dengan baik akan membuat pertumbuhan perusahaan anda menjadi lebih mudah. Seperti apa perusahaan yang anda inginkan? Apakah pertumbahannya akan dilakukan secara organik? Ataukah tidak? Strategi bisnis anda secara keseluruhan adalah konteks untuk brand development strategy anda, dan dari situlah titik awalnya. Jika anda paham arah perusahaan anda, maka brand anda akan membantu anda untuk mencapainya.

 

2. Identifikasi target audiens anda.

Siapa target audiens anda? Jika anda mengatakan “semua orang” maka itu adalah jawaban yang sangat salah. Beberapa penelitian menunjukkan dengan jelas bahwa pertumbuhan perusahaan dan peningkatan keuntungan perusahaan yang tinggi, dihasilkan karena memiliki target audiens yang jelas. Semakin sempit fokusnya, semakin cepat pertumbuhannya. Semakin beragam target audiens, semakin tidak terarah marketing effort anda nantinya. Jadi, bagaimana anda mengidentifikasi target audiens yang tepat? Dari situlah langkah selanjutnya.

 

3. Lakukan penelitian terhadap target audiens anda.

Perusahaan yang melakukan penelitian berkala terhadap sasaran audiens mereka, tumbuh lebih cepat dan lebih menguntungkan (lihat gambar di bawah). Kemudian, yang melakukan penelitian lebih sering lagi (setidaknya sekali per kuartal) tumbuh lebih cepat lagi.

Penelitian membantu anda memahami perspektif dan prioritas target audiens anda, mengantisipasi kebutuhan mereka dan memasukkan pesan anda ke dalam bahasa yang sesuai dengan mereka. Dan juga memberitahu anda bagaimana mereka melihat kekuatan brand perusahaan anda saat itu. Dengan demikian, akan menurunkan resiko dalam bidang pemasaran yang terkait dengan brand development.

The Impact of Research on Company Growth and Profitabillity

Firms that conduct research on their target audiences increase growth and profitability.

 

4. Bangun brand positioning anda.

Anda sekarang siap untuk menentukan posisi brand perusahaan anda di dalam pasar atau marketplace (juga disebut market positioning). Bagaimana perusahaan anda berbeda dari orang lain dan mengapa calon klien di dalam target audiens anda memilih untuk bekerja sama dengan anda?

Sebuah positioning statement dari sebuah perusahaan biasanya terdiri dari tiga sampai lima kalimat dan menangkap esensi posisi brand anda. Ini harus didasarkan pada kenyataan, karena anda harus memenuhi apa yang anda janjikan. Ini juga harus sedikit aspiratif sehingga anda memiliki sesuatu untuk diperjuangkan.

 

5. Kembangkan strategi penyampaian pesan anda.

Langkah selanjutnya adalah strategi penyampaian pesan yang menerjemahkan posisi brand anda ke dalam pesan ke berbagai target audiens anda. Target audiens anda biasanya mencakup calon klien, calon karyawan, key person atau influencer lain dan calon partner yang potensial.

Meskipun pesan yang disampaikan oleh brand anda sama ke semua audiens, setiap audiens akan tertarik pada poin yang berbeda. Pesan tersebut akan menekankan pada poin yang paling relevan untuk masing-masing audiens. Setiap audiens juga memiliki concern berbeda yang ditangani, dan masing-masing memerlukan bukti untuk mendukung pesan anda. Strategi penyampaian pesan anda harus memenuhi semua kebutuhan ini. Ini adalah langkah penting dalam membuat brand anda relevan dengan target audiens anda.

 

6. Kembangkan nama, logo dan tagline anda.

Tidak semua perusahaan membutuhkan perubahan nama. Tetapi jika anda adalah perusahaan baru, atau sedang melakukan join dengan perusahaan lain, atau nama anda tidak sesuai dengan posisi brand anda sekarang, merubah nama mungkin menjadi sebuah keharusan. Atau jika anda tidak merubah nama perusahaan anda, perubahan logo atau tagline baru mungkin masuk akal untuk mendukung posisi brand anda.

Ingatlah bahwa nama, logo dan tagline anda bukanlah brand anda. Tetapi adalah cara untuk mengkomunikasikan atau melambangkan brand anda. Dan harus diwujudkan.

Dan jangan melakukan kesalahan dengan menunjukkan logo baru kepada lingkungan internal untuk mendapatkan konsensus. Karena nama, logo dan tagline bukanlah untuk internal anda, tetapi harus diukur dengan sebaik apa hal itu dapat menyampaikan pesan dan berkomunikasi kepada audiens anda, bukan bagaimana lingkungan internal anda menyukainya.

 

7. Bangun strategi konten marketing anda.

Kita bisa juga menyebut langkah ini sebagai “strategi marketing,” tetapi kita lebih memilih menyebutnya sebagai “strategi konten marketing.”

Kenapa? Konten marketing sangat sesuai untuk perusahaan di era internet sekarang ini. Karena mencakup semua kegiatan yang dilakukan di dalam marketing tradisional, tetapi dilakukan dengan lebih efisien.

Ingatlah bahwa kekuatan brand anda didorong oleh reputasi dan visibilitas. Meningkatkan visibilitas saja, tanpa memperkuat reputasi anda, tidak cukup. Itulah kenapa “awareness-building” di dalam advertising tradisonal sering kali mendapatkan hasil yang mengecewakan. Di sisi lain, konten marketing meningkatkan visibilitas dan reputasi pada saat bersamaan. Ini juga merupakan cara yang tepat untuk membuat brand anda relevan dengan audiens anda.

 

8. Bangun website anda

Website adalah hal yang paling penting bagi brand anda. Merupakan tempat dimana semua audiens anda mengetahui siapa anda, apa yang anda lakukan, bagaimana anda melakukannya, siapa partner dan klien anda, dll. Audiens anda memang tidak serta-merta memilih perusahaan anda hanya karena website anda, tetapi akan sangat fatal ketika website anda menyampaikan pesan yang salah.

Selanjutnya, website anda akan menjadi rumah bagi konten berharga anda. Konten tersebut akan menjadi fokus bagi SEO (Seach Engine Optimazion) anda sehingga calon audiens, calon karyawan, potensial partner akan menemukan dan mengetahui perusahaan anda. Konten online sangat penting bagi pengembangan brand saat ini.

Saat ini, website memilki dua varietas. Pertama, adalah website branding. Dimana website menyampaikan siapa anda, siapa yang anda layani, apa yang anda lakukan. Singkatnya, website ini menyampaikan pesan dari brand anda. Varietas berikutnya, sama seperti yang pertama, tetapi ditambah dengan menjaring serta menemukan calon audiens baru. Dan itu disebut sebagai High Performance Websites.

 

9. Bangun marketing toolkit anda.

Langkah selanjutnya adalah untuk membangun marketing toolkit anda. Termasuk “fact sheet” yang berisi tentang informasi yang ditawarkan oleh perusahaan anda. Sebagai tambahan, perlu disediakan juga “Company Profile” yang mengulas secara singkat penawaran perusahaan dan e-brochure tentang perusahaan. Dimana hal Ini sudah jarang dicetak lagi sekarang.

Akan semakin baik jika marketing toolkit tersebut berisi video. Video tentang garis besar perusahaan, portfolio, studi kasus, partner yang terlibat, dll. Pembahasan tentang fokus yang ditawarkan oleh perusahaan, juga sangat berguna. Jika disiapkan dengan tepat, hal ini tidak hanya berguna untuk pengembangan bisnis, tetapi juga dapat berguna untuk pengembangan brand.

 

10. Terapkan, teliti, dan sesuaikan.

Langkah terakhir dalam brand development bisa jadi merupakan bagian yang terpenting. Tentu saja, sebuah strategi yang sangat bagus tidak akan menjadi efektif jika tidak pernah dilaksanakan. Dan itulah yang sering terjadi. Sebuah strategi disusun sedemikian rapi, hasil dari semua data yang dikumpulkan oleh perusahaan. Kemudia kenyataan berbicara. Semua orang sibuk dengan pekerjaan dan proyek bersama klien, lalu strategi itu kemudian ditunda, lalu dilupakan.

Itulah kenapa penelitian sangat penting. Baik dari sisi implementasinya maupun dari sisi hasil. Apakah strategi sudah diterapkan sesuai rencana? Apa yang terjadi dengan langkah-langkah kongkrit yang diambil? Seperti lalu lintas penelusuran dan pengunjung website? Berapa banyak prospek baru, aplikasi karyawan dan potensial partner dihasilkan? Hanya dengan meneliti seluruh proses, anda dapat memastikan bahwa anda mendapat kesimpulan yang benar dan kemudian melakukan penyesuaian yang tepat.

 

(dari berbagai sumber, dan pemikiran. Correct me if I’m wrong)

 

Post a Comment