
Budget Marketing
Berbicara tentang marketing di masyarakat kita, satu pertanyaan yang perlu dipertegas sejak awal, “Apakah bagi anda marketing sama dengan sales?” karena ternyata banyak dari kita yang masih mencampur adukkan kedua kata tersebut.
Merangkum dari buku The Marketing Plan Handbook, from Entrepreneur Press ada beberapa hal dasar untuk membuat Budget Marketing menjadi efisien, seperti:
- Buatlah iklan yang bukan hanya memenuhi ruang iklan yang dipilih. Buatlah iklan yang bermakna. Iklan yang bermakna akan menarik konsumen untuk berkomunikasi lebih lanjut lagi.
- Tetaplah pada strategi yang lama bila strategi tersebut terbukti berhasil dan terus meningkat. Kadang para pemasar mengubah strategi hanya karena merasa bosan atau ikut-ikutan.
- Jangan terlalu pamer dengan membuat litelatur pemasaran dengan berlebihan. Hal tersebut harus disesuaikan dengan pasar.
- Terus mengeplorasi alternatif strategi yang lebih murah dan efektif untuk memimpin pasar.
- Jangan membayar terlalu mahal creative talent. Freelance atau agensi yg kredibel dgn harga sesuai itu lbh baik. Membayar fotografer profesional untuk iklan yang ditayangkan di majalah nasional tidaklah mengapa. Tapi bila hanya untuk sebuah proposal klien atau newsletter internal, Rasanya cukup berlebihan.
- Gunakanlah agency dan konsultan bila benar-benar memang dibutuhkan.
- Bayar vendor Anda dengan tepat waktu. Anda bisa menghemat biaya bunga bila terlambat.
Share:
Post a Comment
You must be logged in to post a comment.